MENGENAL KONSEP PENDIDIKAN INKLUSIF
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Sistem penyelenggaraan pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu eksklusif dan inklusif. Pendidikan eksklusif lebih sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dimana pendidikan eksklusif ini terdapat di sekolah-sekolah yang dikhususkan pada kalangan tertentu saja.
kemudian pendidikan inklusif mungkin jarang ditemui, terutama di Indonesia. meskipun memang sudah ada aturan tentang pendidikan inklusif itu sendiri. Lalu apa itu Pendidikan Inklusif?
PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF
Pendidikan inklusif yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan yang terbuka untuk siapa saja. dan dengan latar belakang serta kondisi yang berbeda-beda, meliputi: karakteristik, kondisi fisik, kepribadian, status, budaya, suku, dan lain lain. jadi pendidikan inklusif juga bisa diperuntukkan untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan. Sehingga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang layak.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat 2, 3, dan 4 mendefinisikan anak berkebutuhan khusus sebagai:
- Anak yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan /atau sosial.
- Anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
- Anak di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil sehingga mereka semua berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.
- Memenuhi hak asasi manusia untuk mendapatkan pendidikan yang setara dan bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya
- Meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, baik itu berkebutuhan khusus mapupun tidak.
- Menumbuhkan rasa toleransi terhadap perbedaan anak-anak
- Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif bagi semua anak.
- Tenaga didik memiliki rencana harian yang akan digunakan untuk media pembelajaran
KARAKTERISTIK PENDIDIKAN INKLUSIF
Pendidikan inklusif memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:
- Pendidikan inklusif harus ramah dan hangat sehingga dapat memberikan rasa nyaman terhadap para peserta didik yang memiliki perbedaan latar belakang atau kondisi.
- Pendidik dan tenaga didik memiliki latar belakang serta kemampuan yang berbeda.
- Dalam prakteknya, pendidikan inklusif semestinya memberlakukan tempat duduk yang bervariasi agar bisa saling membaur satu sama lain.
- Materi dan metode pembelajaran dari pendidikan inklusif bervariasi agar lebih menarik dan menyenangkan.
- Tenaga didik memiliki rencana harian yang akan digunakan untuk media pembelajaran.
- Penilaian mengenai karya anak peserta pendidikan eksklusif dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar