METODE PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK SEKOLAH DASAR

Gambar
                 Pembelajaran yang kreatif sangat penting untuk perkembangan siswa sekolah dasar. Metode ini tidak hanya membuat proses belajar lebih menyenangkan, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode pembelajaran kreatif yang dapat diterapkan di kelas sekolah dasar.   1.        Pembelajaran Berbasis Proyek             Metode pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa dalam kegiatan yang nyata dan relevan. Siswa bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mempresentasikan proyek mereka. Misalnya, siswa dapat membuat taman sekolah, melakukan penelitian tentang lingkungan, atau menciptakan karya seni. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk belajar dari pengalaman langsung dan mengembangkan keterampilan sosial.   2.       Pembelajaran Melalui Permainan             Permainan edukatif adalah cara yang efektif untuk mengajar konsep-konsep dasar

KERJA BHAKTI MENYONGSONG 17 AGUSTUS UNTUK TANAMKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Dalam rangka menyongsong peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 77 SD Negeri 2 Teras terus giat melakukan kegiatan untuk menata lingkungan sekolah yang lebih bersih lebih rindang sekaligus lebih sehat salah satu kegiatan yang dilakukan hari ini adalah kegiatan kebersihan lingkungan di sekitar sekolah.
Kegiatan ini juga di maksudkan dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur Apa itu profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Adapun keguanaan profil Pelajar Pancasila adalah : Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia Berkebinekaan global Mandiri Bergotong royong Bernalar kritis Kreatif 1.Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia Pelajar Pancasila mengimani dan mengamalkan nilai dan ajaran agama/kepercayaannya. Hal ini diwujudkan dalam akhlak yang baik pada diri sendiri, sesama manusia, alam, dan negara Indonesia (nasionalisme). 2.Berkebinekaan global Pelajar Pancasila mengenal dan mencintai budaya dan negaranya (nasionalisme), menghargai budaya lain, serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya. Mereka juga melakukan refleksi terhadap pengalaman kebinekaannya, sehingga dapat menyelaraskan perbedaan budaya untuk mewujudkan masyarakat inklusif, adil, dan berkelanjutan. 3.Mandiri Pelajar Pancasila memiliki pemahaman terhadap diri dan situasi yang dihadapi, serta regulasi diri untuk mencapai tujuan dan meningkatkan kualitas hidupnya. 4.Bergotong royong Pelajar Pancasila melakukan kolaborasi yang dibangun atas dasar kemanusiaan dan kepedulian kepada bangsa dan negara, sehingga dapat berbagi kepada sesama. 5. Bernalar kritis Pelajar Pancasila yang bernalar kritis menganalisa dan mengevaluasi semua informasi maupun gagasan yang diperoleh dengan baik. Mereka juga mampu mengevaluasi dan merefleksi penalaran dan pemikirannya sendiri. 6 Kreatif Pelajar Pancasila yang kreatif adalah pelajar yang bisa menghasilkan gagasan, karya, dan tindakan yang orisinal. Mereka juga memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
Demikian Profil Pelajar Pancasila yang hendak di wujudkan oleh SD Negeri 2 Teras Selamat memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia Merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISWA KELAS 1 DAN 2 SDN 2 TERAS SEMANGAT IKUTI IMUNISASI PIN POLIO