Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN 2 Teras yang Terarah dan Menyenangkan

Kegiatan awal siswa baru di SD Negeri 2 Teras dimulai hari Senin, 22 Juli 2024. Pembukaan dilakukan oleh Pak Wisnuuky Sholeh Raharja S.Pd di halaman SD Negeri 2 Teras.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024-2025 merupakan kegiatan pertama pada awal pelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan program, fasilitas, konsep pengenalan diri, cara belajar, dan pembinaan kedisiplinan budaya di SD Negeri 2 Teras.

Tujuan dilaksanakannya MPLS di SD Negeri 2 Teras memiliki fungsi sebagai kegiatan transisi dari PAUD/TK ke SD agar siswa benar-benar siap secara mental untuk menguikuti proses pembelajaran di lingkungan baru.

Kami juga melaksanakan MPLS sesuai Modul dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan kurang lebih selama 10 hari. Tentunya kegiatan yang dilakukan mengandung unsur edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa baru. 

Menurut Modul MPLS Tahun Ajaran 2024-2025, SD Negeri 2 Teras memiliki kebabasan dalam melaksanakan sesuai dengan kondisi, situasi, dan karakter masing-masing SD. 

Tentunya dalam pelaksanaan MPLS di SD Negeri 2 teras terdapat 5 kegiatan wajib:

  1. Pengenalan potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif bagi siswa baru
  4. mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Semoga kedepannya SD Negeri Teras menjadi SD Negeri andalan masyarakat dan tujuan dari lulusan PAUD/TK. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran dalam mendidik generasi muda yang cerdas, tangguh, beriman dan bertaqwa.

Terimakasih :)

Komentar