UNIKNYA SDN 2 TERAS PERINGATI HARI KARTINI 2025

Gambar
  Teras, 21 April 2025 — SDN 2 Teras menggelar peringatan Hari Kartini dengan penuh semangat dan antusiasme. Kegiatan ini menjadi momen istimewa untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menghargai perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia. Acara dimulai sejak pagi dengan pelaksanaan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa, dan guru. Dalam upacara tersebut, disampaikan pesan tentang pentingnya semangat Kartini yang harus terus hidup di hati generasi muda, khususnya dalam hal pendidikan dan kesetaraan. Yang membuat suasana semakin meriah, seluruh guru dan siswa mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Warna-warni kain tradisional dan keindahan busana daerah memberikan nuansa kebhinekaan yang sangat kental, sejalan dengan semangat Kartini yang memperjuangkan persatuan dan kemajuan perempuan tanpa membedakan latar belakang. Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan fashion show yang melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 hingga ...

MENGENAL KONSEP PENDIDIKAN INKLUSIF

Sistem penyelenggaraan pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu eksklusif dan inklusif. Pendidikan eksklusif lebih sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dimana pendidikan eksklusif ini terdapat di sekolah-sekolah yang dikhususkan pada kalangan tertentu saja.

kemudian pendidikan inklusif mungkin jarang ditemui, terutama di Indonesia. meskipun memang sudah ada aturan tentang pendidikan inklusif itu sendiri. Lalu apa itu Pendidikan Inklusif?

PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Pendidikan inklusif yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan yang terbuka untuk siapa saja. dan dengan latar belakang serta kondisi yang berbeda-beda, meliputi: karakteristik, kondisi fisik, kepribadian, status, budaya, suku, dan lain lain. jadi pendidikan inklusif juga bisa diperuntukkan untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan. Sehingga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat 2, 3, dan 4 mendefinisikan anak berkebutuhan khusus sebagai:

  1. Anak yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan /atau sosial.
  2. Anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
  3. Anak di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil sehingga mereka semua berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.
TUJUAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Pendidikan inklusif sebenarnya juga sudah tercantum di dalam undang-undang terkait Sistem Pendidikan Nasional. Jadi tujuan pendidikan inklusif yaitu antara lain:
  1. Memenuhi hak asasi manusia untuk mendapatkan pendidikan yang setara dan bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya 
  2. Meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, baik itu berkebutuhan khusus mapupun tidak.
  3. Menumbuhkan rasa toleransi terhadap perbedaan anak-anak
  4. Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif bagi semua anak.
  5. Tenaga didik memiliki rencana harian yang akan digunakan untuk media pembelajaran

KARAKTERISTIK PENDIDIKAN INKLUSIF

Pendidikan inklusif memiliki beberapa karakteristik, di antaranya: 

  1. Pendidikan inklusif harus ramah dan hangat sehingga dapat memberikan rasa nyaman terhadap para peserta didik yang memiliki perbedaan latar belakang atau kondisi. 
  2. Pendidik dan tenaga didik memiliki latar belakang serta kemampuan yang berbeda. 
  3. Dalam prakteknya, pendidikan inklusif semestinya memberlakukan tempat duduk yang bervariasi agar bisa saling membaur satu sama lain. 
  4. Materi dan metode pembelajaran dari pendidikan inklusif bervariasi agar lebih menarik dan menyenangkan. 
  5. Tenaga didik memiliki rencana harian yang akan digunakan untuk media pembelajaran. 
  6. Penilaian mengenai karya anak peserta pendidikan eksklusif dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu. 
PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA

Di Indonesia pendidikan inklusif sebenarnya sudah ada landasan hukum jelasnya, landasan hukum itu tercantum pada UUD 1945 pasal 31 ayat 1 dan dua yang berisi mengenai hak dan kewajiban warga negara untuk mendapatkan pendidikan.
Selain itu, pada Undang Undang No.23 tahun 2002 pasal 48 dan 49 tentang Perlindungan anak menyatakan bahwa pemerintah wajib menyelenggarakan program pendidikan wajib minimal sembilan tahun dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak untuk mendapat pendidikan. 

Selain itu dalam UU No.20 tahun 2003 menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi peserta didik supaya memiliki kekuatan dalam hal keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, akhlak, serta keterampilan yang diperlukan di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara. 

Sedangkan pada ayat 1,2, dan 3 menyatakan bahwa setiap negara dalam yang memiliki kelainan baik secara fisik, emosional, mental, dan lain sebagainya berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan mutu yang sama. 

Kemudian, pada pasal 11 ayat 1 mewajibkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk memberikan layanan serta kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas tanpa adanya diskriminasi terhadap perbedaan apapun


Di SDN 2 Teras merupakan sekolah yang menyediakan layanan pendidikan bagi semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), selain itu SDN 2 Teras memiliki pengajaran yang memotivasi siswanya untuk bertanya, eksplorasi, inovasi, dan berkomunikasi.

Referensi
https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pendidikan-inklusif/ 
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Semangat Keimanan Siswa, SDN 2 Teras Gelar Pesantren Kilat Ramadhan 1446 H

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR