PERINGATI HARI GURU NASIONAL 2024 SISWA GELAR PENTAS SENI

Gambar
  HARI GURU Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November untuk menghormati jasa-jasa guru dan mengenang berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tahun 1945.  Tanggal 25 November 2024 SDN 2 Teras memperingati Hari Guru Nasional dengan menggelar pentas seni siswa-siswi SDN 2 Teras dari kelas 1 hingga kelas 6. Acara Hari Guru ini diawali dengan apel pagi bersama-sama dengan bu Etik Retnowati, S.Pd.SD sebagai pembina apelnya. setelah apel selesai baru dilanjut acara pentas seni oleh siswa-siswi yang diawali pentas dari kelas 1, membawakan tari kreasi "Guruku Tersayang", dan "Komando Latihan Pertempuran" Kelas 2 menampilkan menyanyi Hymne Guru, dilanjutkan kelas 3 yakni menampilkan tari kreasi "Tokecang" dan tari kreasi "Gambang Suling"         Kelas 4 menampilkan tari kreasi "Manuk Dadali" dilanjutkan pentas seni kelas 5 yakni tari kreasi "Jaranan", "Bungong Jeumpa", "Yamko...

Peran Guru Di Era Digital

 


Di masa lalu guru adalah sosok yang sangat dihormati karena guru adalah sumber ilmu pengetahuan dan juga sumber karifan bagi murid-muridnya  bahkan guru merupakan sosok yang harus di taati kata-katanya dan juga di contoh perilakunya,makanya tidak aneh di desa desa  guru merupakan tempat untuk bertanya warga sekitarnya . dalam banyak urusan guru selalu dibutuhkan warga.

Dunia sudah berubah yang dulu guru merupakan sumber ilmu pengetahuan masyarakat, sekarang  banyak sumber belajar yang bisa dimanfaatkan  masayarakat, meraka tak lagi hanya bertanya pada guru, tapi  bisa mencari di sumber lain yang paling dominan masyarakat sekarang bisa browsing di internet.

Tantangan guru di era digital; guru sampai sekarang masih banyak memakai produk lama  terutama guru –guru lama angkatan tahun akhir 80-an/awal  tahun 90-an , sementara muridnya sudah memakai produk kontemporer. Akibatnya, para murid berbeda secara radikal dengan para guru, karena banyak terjadi ketidaknyambungan di sana-sini. Kita tahu bahwa murid sekarang tidak lagi cocok dengan sistem pendidikan abad 20. Namun, praksis di lapangan para guru masih tidak memahami hal ini. Banyak guru kita yang lambat mengejar laju modernisasi pendidikan. Yang terjadi kemudian adalah murid sudah mampu menerima informasi secara cepat dari berbagai sumber multimedia, sementara banyak guru acapkali memberikan informasi dengan lambat dan dari sumber-sumber terbatas.Dengan perubahan teknologi secara radikal demikian apakah peran guru tak lagi di butuhkan ?

Peran guru dalam era digital menjadi sangat penting mengingat perubahan dan perkembangan teknologi yang pesat. Guru memiliki peran kunci dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang semakin terhubung secara digital.

Peran guru dalam era digital mengacu pada tanggung jawab dan kontribusi yang diemban oleh guru dalam memanfaatkan teknologi digital dalam pendidikan. Dalam era di mana teknologi telah merubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan memperoleh informasi, guru memiliki peran yang krusial dalam mempersiapkan siswa untuk kehidupan di dunia yang semakin terhubung secara digital.Menurut Anugrah Dwi dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  ada 7 hal yang dapat diperankan oleh guru dalam pembelajaran era digital :

  1.  Pemimpin Pembelajaran: Guru berperan sebagai pemimpin dalam memperkenalkan, menerapkan, dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Mereka harus menguasai keterampilan dan pengetahuan teknologi yang diperlukan serta dapat menjadi contoh bagi siswa dalam penggunaan teknologi.
  2.    Merancang Pembelajaran yang Relevan: Guru perlu menggunakan teknologi untuk merancang pengalaman pembelajaran yang relevan dengan dunia digital. Mereka dapat mengintegrasikan sumber daya online, multimedia, dan alat-alat pembelajaran digital ke dalam kurikulum untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan berinteraksi.
  3.  Mendorong Kolaborasi dan Partisipasi: Dengan bantuan teknologi, guru dapat mendorong kolaborasi antara siswa, baik dalam ruang kelas maupun secara daring. Guru dapat menggunakan platform kolaboratif dan alat komunikasi digital untuk mengadakan proyek bersama, diskusi, dan aktivitas kelompok yang memungkinkan siswa berinteraksi dan belajar secara kolaboratif.
  4. Menyesuaikan Pembelajaran: Guru dapat menggunakan teknologi untuk mempersonalisasi pengalaman pembelajaran. Dengan alat pembelajaran adaptif dan platform pembelajaran daring, guru dapat melacak perkembangan siswa secara individual dan menyediakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan tingkat kemampuan masing-masing siswa.
  5. Membimbing Literasi Digital: Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan literasi digital siswa. Mereka harus mengajarkan siswa tentang etika digital, perlindungan privasi, pengelolaan informasi, dan keterampilan penilaian terhadap konten digital. Guru juga perlu memberikan pemahaman tentang pentingnya keamanan online dan cara berperilaku yang aman di dunia digital.
  6.  Evaluasi dan Umpan Balik: Guru dapat menggunakan alat-alat teknologi untuk melakukan evaluasi dan memberikan umpan balik kepada siswa secara efisien. Dengan menggunakan platform pembelajaran daring, guru dapat memberikan tugas, kuis, dan ujian secara online, serta memberikan umpan balik yang tepat waktu dan bermanfaat kepada siswa.
  7. Pengembangan Profesional: Dalam era digital, guru juga harus terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam hal teknologi dan pendidikan digital. Mereka harus terbuka untuk pembelajaran baru dan berpartisipasi dalam pelatihan dan program pengembangan profesional yang berkaitan dengan teknologi pendidikan.


                       



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISWA KELAS 1 DAN 2 SDN 2 TERAS SEMANGAT IKUTI IMUNISASI PIN POLIO

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN 2 Teras yang Terarah dan Menyenangkan