Tiga Karakteristik Guru Yang disukai Siswa

 

Guru yang baik merupakan dambaan setiap siswa di sekolah manapun,untuk dapat menjadi guru yang baik seorang guru  harus mampu menyajikan materi pelajaran dengan baik dan menyenangkan bagi siswa yang menjadi peserta didiknya. jika siswa sudah merasa senang dengan pelajaran yang disajikan guru maka siswa akan dapat menyerap materi pelajaran dengan baik pula, karena kunci keberhasilan siswa dalam menyerap materi pelajaran adalah jika guru menyenangkan bagi siswa asuhannya, untuk itu ada karakteristik guru yang perlu dipahami oleh setiap guru 

Karakteristik guru yang baik dan mendukung prestasi yaitu:

1. Mampu Menjelaskan Materi

Setiap guru mempunyai gaya dan karakteristik mengajar namun demikian setiap gaya dan karakteristik mengajar yang dimiliki setiap guru  haruslah mampu menjelaskan pada siswa tentang materi yang sedang sedang diajarkannya pada peserta didik, dengan demikian anak secara otomatis akan menyukai guru tersebut, apabila gaya mengajar seorang guru monoton maka siswa akan terasa membosankan dan tidak menarik bagi siswa, dengan demikan siswa juga akan sibuk dengan dunianya dan tidak memperhatikan materi pelajaran yang tengah disajikan oleh seorang guru. 

Biasanya setiap guru yang mampu memahami karakteristik anak dan karakteristik materi pelajaran akan mampu kapan dan bagaimana pelajran itu akan di berikan pada siswa, dengan demikan siswa akan seacara maksimal menyimak materi pelajaran dan juga akan dapat menyerap materi pelajaran secara maksimal. untuk itu anak harus dilibatkan dalam perencanaan pembelajaran sampai pada evaluasi pembelajaran 

2. Mengenali siswa

Guru yang baik haruslah mampu menjalin komunikasi dengan siswa baik, dalam mengenali siswa guru tidak cukup hanya mengenal nama-nama siswa tetapi guru juga harus mengenali berbagai persoalan yang dihadapi siswa baik hubungan sosial  dengan teman-temannya disekolah maupun persoalan siswa dalam kehidupan rumah tangga bersama keluarga. dengan demikian guru akan dapat  memperlakukan anak secara proposional. artinya guru dapat memperlakukan siswa sesuai dengan latar belakang yang dimiliki siswa. hanya dengan cara demikian anak akan merasa nyaman bergaul dengan guru dikelasnya.

3. Tidak membandingkan siswa lain

Guru yang tahu dengan karakteristik siswa akan memahami perasaan anak sehingga guru akan tahu dan sadar bawa setiap anak mempunyai bamnyak perbedaan, perbedaan yang dimiliki siswa baik perbedaan tingkat kecerdasan maupun latar belakang sosial yang ada seorang guru tidak akan membandingkannya satu dengan lainnya, karena seperti kita ketahui bahwa setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. oleh karenanya tak seorang anakpun mau diperbandingkan dengan teman-temannya. 
Guru yang populer dikalangan siswa adalah guru yang mampu memperlakukan anak dengan cara yang wajar dan proporsional 

Yang dimaksud wajar dan proporsional adalah guru  mampu memperlakukan siswa dengan bebagai jenis karakter dan bisa menyelami jiwa siswa sehingga setiap siswa merasa mereka disayangi gurunya meski mereka menyadari segala kekurangan yang dimiliki, karena guru tak pernah membandingkan dirinya dengan siswa lain. membandingkan siswa satu dengan lainnya bisa melukai hati siswa bahkan luka karena diperbandingkan bisa dikenang seumur hidup anak dan dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.



Komentar